Pakaian

Pada suatu hari, Darmo Gandul di undang dalam makan malam. Darmo Gandul yang tidak punya pakaian bagus sehingga ia memakai pakaian seadanya. Selesai perpakaian, Darmo berangkat untuk makan malam bersama teman-teman lamanya. Sampai di tempat makan malam itu tak satu pun yang memperhatikan sampai makan malam dimulai, semua teman lama sepertinya telah melupakannya. Melihat hal itu, sehingga Darmo Gandul pulang dengan kesedihan, karena temannya telah melupakannya. Sampai dirumah, Darmo Gandul menyewa sebuah pakaian yang sangat mewah. Dengan pakaian itu Darmo berangkat lagi dalam pesta makan malam. Sampai ditempat itu, Darmo Gandul disambut bak seorang raja. Semua temannya melayaninya dengan ramah berbeda dengan ketika Darmo. Ketika makan malam dimulai, Darmo langsung melepaskan bajunya dan ditutupkan di atas makannya di meja. Melihat hal itu, temannya merasa keheranan dan salah satu temannya bertanya atas tindakan Darmo Gandul. “mengapa kau tutupi makanan ini dengan pakaianmu?”. Darmo menjawab : “kalian semua tidak mengundang saya dan tidak memberi makan saya, kalian hanya memberi makan baju saya. Buktinya ketika saya memakai pakaian yang jelek kalian mengucilkan dan mengangap saya bukan teman kalian, tapi setelah saya memakai pakaian yang bagus kalian menyambut saya dengan ramah, bearti kalian hanya menghargai baju saya bukan saya”.

Leave a Reply

