Jual Sapi

Darmo Gandul adalah orang yang jujur. Pada suatu hari ia akan menjual sapinya yang sudah tua dan tidak bisa meranak lagi. Karena sapi itu masih gemuk sehingga sapinya Darmo Gandul tidak kelihatan tua. Darmo membawa sapinya ke sebuah pasar untuk dijual. Darmo mencoba berteriak sambil mempromosikan sapinya kesemua orang yang ada dipasar.
Darmo : “saudara-saudara!, lihatlah sapiku ini yang sudah tua dan tidak bisa melahirkan lagi. Saya berniat untuk menjualnya, jika saudara mau silahkan beli.
Semua orang tak ada yang mau memandangkan bahkan mengacuhakan, ketika orang-orang lewat didepannya.  Lalu ada seseorng yang telah terbiasa berjualan sapi, ia mau membantu mengajari Darmo cara berjualan yang baik. Ia pun memamerkan kelebihan sapinya Darmo.
Orang itu: “saudara-saudaraku, lihat lah kemari kamu akan melihat sapi yang masih muda dan berbadan gemuk. Sapi ini juga bisa melahirkan banyak anak.
Mendengar penawaran itu, sehingga semua orang yang bergerumun mengelilingi sapinya Darmo.Dengan tiba-tiba, Darmo Gandul menarik sapinya dan mau dibawa pulang. Orang yang membantu tadi bertanya, “mengapa kamu bawa pulang lagi?” . Darmo menjawab, “bapak bilang kalau sapiku masih muda dan bisa beranak lagi, ngapain aku jual sapi ini kalau masih muda dan bisa punya banyak anak, GAK JADI KU JUAL….”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s